Tips membuat siongka

on

Untuk...teman2 Forum Semua....mungkin selama ini..,cairan flux siongka yang kita gunakan selama ini untuk perlengkapan bongkar/pasang/re-hot IC,kita dapatkan dengan membeli jadi di toko2 yang menyediakan dalam bentuk sudah cair di kemasan botol,nah....untuk menghemat biaya...yang luar biasa...ada cara untuk membuat siongka cair sendiri...

Sebelum membahas cara membuat siongka cair,ada beberapa jenis konsentrat siongka yang kita gunakan sesuai dengan keperluaan antara lain:

1-siongka encer
biasanya kita gunakan untuk bongkar/pasang R atau C,dalam board,karena tidak banyak kakinya

2-siongka kental
biasanya kita gunakan untuk bongkar/pasang IC BGA(TERMASUK YANG BANDEL/timah ic sudah mati,sehingga dengan siongka cair tidak sanggup mencairkan timah)

3-siongka cristal(siongka cair yang di cristalkan)
digunakan hanya untuk re-hot ic BGA(DICAIRKAN DIATAS IC,lebih dominan sebagai penyerap panas,ketika memanaskan IC)

Nah...,setelah keterangan jenis siongka diatas,sekarang kita ke tahap cara membuat siongka:

BAHAN :1- SIONGKA BATU(Bisa dibeli di toko2 material/bangunan,kira2 Rp.5000/ons)
2-thiner cair
3-toples beling(sebagai wadah pencampur)

Cara : Rendamkan siongka batu dengan thiner dalam wadah,perbandingan 1 Ons siongka batu/1 ltr thiner,untuk menghasilkkan 1 ltr siongka cair (bisa dicampurkan sesuaikan kebutuhan untuk mendapatkan siongka kental)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Follow

Followers

Blog Archive

Guest Book

About Me

Foto Saya
Adhe mahardika
Noo.. it's not a goodbye.. cause we believe.. for tomorrow.. Noo.. it's not a goodbye.. convince your self.. we'll be together again..
Lihat profil lengkapku

Ads

smadav antivirus indonesia
SmadAV adalah ANTIVIRUS Lokal Indo nesia yang memfokuskan proteksi dan pembersihan tuntas untuk VIRUS-virus lokal yang menyebarluas di INDOnesia